Perencanaan

PERENCANAAN KEUANGAN

Kita semua membuat banyak sekali keputusan setiap harinya. Mulai dari bangun tidur; kita harus membuat keputusan apakah akan langsung bangun dan mandi, atau bermalas-malasan sejenak. Memilih pakaian yang akan dikenakan, memilih akan sarapan apa, membaca koran di rumah atau di kantor saja, dan seterusnya.

 

PERENCANAAN SDM

Sumber daya manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu, perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.

PERENCANAAN STRATEGIS

 

Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi tersebut. Berikut beberapa jenis perencanaan

 

Perencanaan Pembangunan

Konsep dasar perencanaan adalah rasionalitas, ialah cara berpikir ilmiah dalam menyelesaikan problem dengan cara sistematis dan menyediakan berbagai alternatif solusi guna memperoleh tujuan yang diinginkan.

 

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Perencanaan adalah suatu cara untuk membuat suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif untuk memperkecil kesenjangan yang ada dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan merupakan hasil proses berpikir dan pengkajian dan penyeleksian dari berbagai alternatif yang dianggap lebih memiliki nilai efektivitas dan efisiensi, yang merupakan awal dari semua proses pelaksanaan kegiatan yang bersifat rasional.

Sedangkan pembelajaran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  berasal dari kata belajar yang artinya berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu; atau berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan seseorang belajar.

 

Perencanaan Produksi

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling pokok dan sangat luas meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang mengikuti suatu urutan tertentu. Perencanaan merupakan salah satu sarana manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan karena itu setiap tingkat manajemen dalam organisasi sangat membutuhkan aktivitas perencanaan.

PERENCANAAN PRODUKSI AGREGAT

Pada dasarnya perencanaan produksi agregat  merupakan suatu proses penetapan tingkat output/kapasitas produksi secara keseluruhan guna memenuhi tingkat permintaan yang diperoleh dari peramalan dan pesanan dengan tujuan meminimalkan total biaya produksi.

 

PERENCANAAN VALIDASI

Secara rinci validasi proses mencakup :

· konstruksi dan rancang bangun sarana

· peralatan, sarana penunjang, dan layanan yang kritis

· prosedur analisis

· kalibrasi instrumen

· bahan baku dan bahan pengemas;

· serah terima proses produksi dan/atau peningkatan skala bets;

· prosedur pengolahan induk dan prosedur pengemasan induk

· prosedur pembersihan dan

· personalia

 

 

 

 

PERENCANAAN BISNIS

Perencana bisnis ibarat merupakan peta jalan bagi wirausahawan menuju  pembangunan bisnis yang sukses dan menguntungkan. Setiap wirausahawan  yang sudah membuka usaha atau akan meluncurkan suatu usaha, membutuhkan sebuah rencana bisnis yang dibuat dengan baik dan berdasarkan fakta untuk meningkatkan peluang keberhasilan usahanya.

Perencanaan bahasa

Perencanaan bahasa adalah suatu usaha untuk memengaruhi fungsi, struktur, atau penyerapan satu bahasa atau jenisnya di dalam sebuah pembicaraan masyarakat.[1] Hal ini sering dikaitkan dengan perencanaan pemerintah, tapi juga digunakan oleh berbagai organisasi non-pemerintah, seperti organisasi perintis dan bahkan perorangan. Tujuan perencanaan bahasa bergantung pada bangsa atau organisasi, tapi umumnya meliputi membuat keputusan perencanaan dan perubahan yang mungkin demi keuntungan komunikasi. Merencanakan atau memperbarui komunikasi yang efektif juga bisa membawa kepada perubahan sosial lainnya seperti perpindahan bahasa atau asimilasi, dan memberikan motivasi lain untuk merencanakan struktur, fungsi dan penyerapan bahasa.[2]

Perencanaan organisasi

Rencana atau plan adalah dokumen yang digunakan sebagai skema untuk mencapai tujuan. Rencana biasanya mencakup alokasi sumber daya, jadwa, dan tindakan-tindakan penting lainnya. Rencana dibagi berdasarkan cakupan, jangka waktu, kekhususan, dan frekuensi penggunaannya. Berdasarkan cakupannya, rencana dapat dibagi menjadi rencana strategis dan rencana operasional. Rencana strategis adalah rencana umum yang berlaku di seluruh lapisan organisasi sedangkan rencana operasional adalah rencana yang mengatur kegiatan sehari-hari anggota organisasi.

Perencanaan Organisasi Kewiraswastaan

Perencanaan organisasi adalah proses menentukan bagaimanan organisasi bisa mencapai tujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam istilah resmi perencanaan didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari pogram tindakan yang ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara peluang-peluang yang diprediksi terlebih dahulu. Perencanaan organisasi mempunyai dua maksud: perlindungan dan kesepakatan (protective dan affirmative)

 

 

 

Perencanaan Pensiun

Ketika berbicara mengenai perencanaan untuk masa depan, kebanyakan orang berpikir tentang pensiun. Perencanaan sangat penting karena memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal yang anda tidak dapat dilakukan semasa bekerja seperti memulai bisnis, kembali ke sekolah, lebih dekat dengan keluarga atau hanya bersantai. Karena pensiun adalah sebuah fase penting dalam hidup Anda,

Perencanaan Investasi

Dalam Merencanakan investasi dana yang kita miliki, bukanlah sebuah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Mengapa ? Jangankan untuk memulai berinvestasi, mendengar kata investasi saja mungkin sudah alergi.

Perencanaan transportasi

adalah suatu perencanaan kebutuhan prasarana transportasi seperti jalan, terminal, pelabuhan, pengaturan serta sarana untuk mendukung sistem transportasi yang efisien, aman dan lancar serta berwawasan lingkungan.

Perencanaan Rumah Sakit

Perencanaan Rumah Sakit dapat dibagi ke dalam dua kategori:
I.    Study Kelayakan untuk perencanaan dimana Rumah Sakit akan dibangun (penetapan lokasi)
II.    Perencanaan bangunan fisik, peralatan dan fasilitas penunjang lainnya

 

PERENCANAAN RUMAH

Didalam merancang rumah, perlu adanya perencanaan yang matang didalam mendesain bangunan rumah, perencanaa dimulai dari bentuk dan ukuran pada luas bidang tanah yang ingin kita dirikan bangunan, Dengan Ini penulis mengunakan Software AutoCAD 2007 yang tidak asing lagi untuk penggunaan dalam menggambar Arsitektur. Baik berikut langkah-langkah dalam perencanaan rumah untuk jenis Rumah Satu Lantai.

 

PERENCANAAN EKONOMI

Ekonomi berencana adalah ekonomi dimana setiap unit produksi hanya memanfaatkan sumber daya manusia, bahan baku, dan peralatan yang dialokasikan dengan jumlah tertentu dan menjual produknya hanya kepada perusahaan atau perorangan yang ditunjuk oleh pemerintah.

 

Perencanaan jangka panjang

Perencanaan jangka panjang mencakup penerapan intuisi dan analisis untuk menentukan posisi yang perlu dicapai organisasi anda di masa depan. Secara tradisional, perencanaan jangka panjang kerap merupakan ekstrapolasi sejarah, pemroyeksian hasil di masa depan berdasarkan pengalaman saat ini dan di masa lampau

Perencanaan Transaksi Emas

Kebanyakan Pemilik emas kebingungan ketika menjual emas, karena tidak mengetahui standart perhitungan Emas dan toko Emas sendiri tidak transparant dalam menerapkan standart harga jual-beli emas seperti harga dolar, hal ini disebabkan karena pembelian emas belum bisa online, sehingga kita harus datang secara fisik ke produsen Emas, jika anda mengalami situasi yang demikian anda tidak perlu khawatir dengan itu semua, karena anda sekarang berada pada situs yang benar, karena disini kami akan membahas bagaimana caranya mengetahui harga Emas dengan menggunakan software gratis dari kami.

Perencanaan sumber daya manusia

Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.Selain itu, pentingnya diadakan perencanaan sumber daya manusia ialah organisasi akan memiliki gambaran yang jelas akan masa depan, serta mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s